saya akan berbagi cara modif hp esia c2801/c2601/esia hidayah atau esia apalah yang buatan huawei yang bentuknya tampak sama.

Sabtu, 11 April 2009

ahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan adalah :

  1. Komputer dengan OS Windows XP atau Vista.
  2. Richese Nabati, wafer kesukaan saya
  3. Kabel data CA-42, bisa dibeli di pusat-pusat penjualan ponsel seperti ITC Roxy, ITC Depok dan tempat lainnya. Harga sekitar Rp.30.000,-. Beli yang kayak gini Yaaa! dan kabelnya kayak yang bawah.











  4. Kabel mini USB 2 Buah, bisa dibeli di toko komputer, harga kisaran Rp.7000,- hingga Rp.15.000,




  5. Driver Prolific, bisa kamu download di http://www.prolific.com.tw atau lewat google dengan kata kunci “PL-2303 Driver”. ato klik =>
  6. Easy CDMA, ini program yang kita gunakan sebagai interface antara computer dan hp. Silahkan cari lewat google dengan kata kunci “EasyCDMA”.
  7. Gunting atau tang potong,yang tajam ya !!!.
  8. Solasi hitam, taukan buat apa ???
  9. Kipas angin, panas nih.
  10. Handphone Esia Huawei c2801/c2601/Merdeka/Hidayah/Kilau/Slank/dll
    Caranya :

    1. Potong Kabel CA-42, mini USB1 dan mini USB 2 ditengah-tengah. Setelah itu kupas kulit kabelnya (kira-kira 2,5 cm).












    2. Sambungkan kabel CA-42 dengan Kabel mini USB 1 dan mini USB 2 sesuai dengan petunjuk warna dibawah ini :
      a. Kabel warna Putih CA-42 dihubungkan kabel warna Hijau miniUSB1
      b. Kabel warna Biru CA-42 dihubungkan kabel warna Putih miniUSB1
      c. Kabel warna Hitam CA-42 dihubungkan kabel warna Hitam miniUSB1
      d. Kabel warna Merah miniUSB1 dihubungkan kabel warna Merah miniUSB2
    3. Nah sekarang tinggal kita bungkus sambungan kabel diatas dengan solasi hitam.
    4. Selesai. Tapi jika anda merasa sayang dengan potongan kabel CA-42 yang untuk ponsel, sebaiknya kita sambung juga. Jadi kabel data ini nantinya dapat digunakan sebagai Kabel CA-42 dan juga sebagai kabel data untuk ponsel ESIA. Untuk penyambungannya kita hubungkan potongan kabel CA-42 yang ke computer dengan potongan kabel CA-42 yang ke ponsel ini sesuai dengan warnanya.
    5. Sekarang anda sudah memiliki kabel data yang multifungsi. Dapat digunakan sebagai kabel data CA-42 juga kabel data ESIA.










CARA KE DUA

Yang anda butuhkan adalah kabel data serial untuk tipe HP apa pun asal konektornya mini/micro USB (misalkan HP Nokia 1600,6030 dsb) yang banyak dijual di toko-toko sparepart HP dengan harga sekitar 10-15 ribu rupiah, kabel mini USB, solder dan timah secukupnya.

Potong seperti pada gambar dan sambunglah ujung kedua kabel sesuai tabel berikut:

Serial Mini USB Keterangan
Hijau Hitam GND
Putih Putih Data-
Biru Hijau Data+


DOWNLOAD =:>http://www.myvusers.com/forums/userg...pst2.7b215.zip

Solder serapih mungkin dan selesai sudah. Biar nampak sedikit profesional dan kelihatan susah bikinnya, anda bisa bungkus sambungan kabel tadi dengan box kecil, sip!

DSC01696.JPGDSC01698s.JPGDSC01700s.JPG
Suka yang versi USB? Anda bisa coba gunakan kabel data Nokia CA-45 non ori dan ikuti langkah penyambungan seperti diatas. Berbeda dengan versi serial,untuk versi USB agak sedikit ‘ribet’ karena anda perlu terlebih dahulu menginstall driver kabel data yang ada dalam CD paket penjualannya.

QPST-1.jpgSetelah kabel kita siap, pakailah software QPST dari Qualcomm untuk melakukan testing apakah kabel buatan kita sudah bekerja dengan baik atau belum. Hubungkan kabel pada Huawei C2601/C2801 HP dalam keadaan menyala karena versi kabel data yang kita buat kali ini tidak menyediakan catu daya. Jalankan aplikasi “QPST Configuration”. Apabila QPST berhasil mendeteksi HP seperti gambar dibawah, artinya kabel data buatan kita telah bekerja dengan baik.

CARA PAKE NA

Step 1

http://www.myvusers.com/forums/userg...pst2.7b215.zip

or

Go to the following link. The very first post should be a link to QPST 2.7 build 215. You will have to register in order to download it.
http://www.mobile-files.com/forum/s...&highlight=QPST

Step 2
Download QPST 2.7 build 215 and install it.

Step 3
Connect your phone to your PC via usb cable or via bluetooth.

Step 4
Launch the QPST Configuration Tool


Add the port your phone is listening on. If your phone is capable, you can connect via bluetooth or simply use a USB cable, the choice is yours.


Be sure to specify the correct port.

If you are not sure what port your phone is connected to, try downloading BitPim and using the auto-detect feature to determine which port your phone is listening on.

You'll know that you've specified the correct port once the Configuration Tool has picked up your phone.


Step 5
Launch the Service Programming tool that is part of the QPST Suite.


Step 6
Connect to your phone with the Service Programmer. If you have completed the previous steps successfully, you will see your phone listed.


Step 7
Click the 'Phone' menu, then 'Read from Phone'. Wait for the Service Programmer to read the data from your phone. BEFORE making any changes, click 'Save to File' and BACKUP your qcn file. DO NOT SKIP THIS STEP!


Step 8
Once you have backed up your qcn file. Scroll to the 'M .IP' tab. Once there, select your entry from the list, and click 'Edit'.


Step 9
You must edit your 'Tethered NAI' so that your phone will use the same login information for both EVDO and CDMA-1X network access. If your mobile number is 1234567890 then your 'Tethered NAI' will read '1234567890@dun.vzw3g.com'. Change it so that it reads '1234567890@vzw3g.com'. Once complete, your 'NAI' and 'Tethered NAI' should be EXACTLY the same. Click 'OK'.


Step 10
Click 'Write to Phone' to write the modified qcn file to your phone.


Enjoy, your 'DUN'!

To use the EVDO DUN service, add an new dialup connect with the following credentials:

Phone Number: #777
Username: MobileNumber@vzw3g.com (ex: 1234567890@vzw3g.com)
Password: verizon


0 komentar: